Memahami Pengertian Puisi Prosais disertai Contoh Puisi Prosais

Memahami Pengertian Puisi Prosais disertai Contoh Puisi Prosais - Hai sobat IMYID apakah disekolah sudah dijelaskan mengenai puisi Prosais ? Apaan tuh? Kalau sobat belum tahu, pasti bertanya – tanya apa artinya prosais itu ya. Iya jadi di era puisi kontemporer ini ada yang namanya puisi prosais dan prosa liris. Kalau dilihat sekilas bentuknya hampir sama, tapi sebenernya ada perbedaan yang buat masing-masing punya ciri khas sendiri.
Prosa liris seperti cerita yang tipografinya dibuat berbait atau disusun sedemikian rupa, tapi tetap punya unsur narasi. Sedangkan puisi prosais seperti puisi yang dibuat berkisah dan biasanya memiliki paragraf. Jadi puisi prosais adalah puisi yang tetap tersusun dari kata-kata puitis namun tipografinya berbentuk prosa yang berparagraf. Nah pasti sobat masih belum ada gambaran kan mengenai puisi Prosais ? coba deh lihat beberapa contohnya dibawah ini ya. 

Contoh Puisi Prosais

I
Sampanku takkan layar sampai kau tiba, Tuan. 

Hari-hari kayunya kubersihkan dengan daun-daun di bawah rumpun. Pun remah-remah elang datang kuenyahkan dengan ranting agar kau kelak punya tempat terbaik untuk berpulang. Kau tak tahu, kan? Angin-angin sering mengabarkan ihwal kau yang selalu terpikat dengan kesederhanaan.

II
Dari kemarin, 

laut sudah ribut-ribut saja menyuruhku berlayar. Padahal aku lebih ribut lagi menggulung ombak dan bilang tak akan pergi sebelum kau datang. Kubilang aku ingin menunggu segenap ganjilmu saja. Tapi ombak malah memanggil hujan agar aku cepat-cepat melengang. Katanya nona-nona merepotkan saja minta dikerik tiap hari karena rindu. Mereka jahat kan.

III
Ah, tenang saja. 

Aku pun masih perlu banyak berbenah. Tak perlu buru-buru pulang. Ada banyak hal yang mungkin nanti perlu dijadikan bahan-bahan untuk hidup. Tak hanya bolu lapis yang punya takaran. Katamu, hidup juga perlu banyak belajar agar seimbang. Jadi, Jemputlah kalau nanti kau sudah selesai dengan dirimu.

IV
Aku mencanduimu.

Sampai bila-bila.


Contoh lain :


SEUSAI REUNI


Seribu fajar berlalu

Dan hari hari yang telah dijalani itu
Bernama kenangan
Lalu sisa sisa simpul yang terjalin
Kuberi nama kerinduan

Adakah kamu rasakan

Begitu sulitnya melewati semuanya
Seperti labirin
Aku kini tersesat di dalamnya 

Ah andai aku tidak senekat itu

Mengais tumpukan kisah lalu
Menggali ingatan
Mengunyah ngunyah kenangan
Mungkin tidak ada lagi perasaan ini
Ingin menghangatkan
Sepotong cinta yang basi

Dan kini kamu tiba tiba bertahta di benakku

Mengoyak perasaanku
Tolong pergilah...
Seperti dulu
Sebelum reuni itu mempertemukan kita kembali.

Nah itulah Contoh Puisi Prosais ya sobat, perlu banyak latihan memang untuk membuat puisi jenis ini. Tapi bila sobat berhasil membuat puisi jenis ini dengan baik, maka sobat sendiri pasti merasa senang bukan. Semangat ya sobat....
Related Search Terms : Pengertian Puisi Prosais, pengertian prosa liris, contoh puisi prosais 2017, contoh puisi prosais paling baru februari 2017, apa arti puisi prosais dan contoh puisi prosais. contoh puisi prosais 4 paragraf

No comments for "Memahami Pengertian Puisi Prosais disertai Contoh Puisi Prosais"